Jumat, 28 Februari 2014

Multimedia

Pemahaman Multimedia
Perbedaan cara pandang beberapa pengguna mengenai pengertian Multimedia
o  Vendor PC: Suatu PC  yang memiliki kapabilitas  suara, DVD-ROM dan memiliki microprocessor
multimedia superior.  
o  Pelanggan:  TV  Kabel  interaktif  dengan menyedikan  ratusan  saluran  digital  atau  pelayanan  TV
Kabel melalui koneksi Internet kecepatan tinggi.
o  Ilmuwan  Komputer  (Pelajar):  Aplikasi  yang menggunakan  bermacam-macam  dukungan  seperti
teks, gambar, grafik, animasi, video, suara termasuk speech dan interaktif.

Definisi lain mengenai Multimedia
o  Industri  Elektronika:  Kombinasi  komputer  dan  Video  (Rosch,  1996)  atau merupakan  kombinasi
tiga elemen  yaitu suara, gambar dan  teks  (McCormick, 1996) atau kombinasi dari paling sedikit
dua media  input atau output dari data, media  ini dapat berupa audio, animasi, video,  teks, grafik
dan  gambar  (Turban dkk, 2002)  atau merupakan alat  yang  dapat menciptakan  presentasi  yang
dinamis  dan  interaktif  yang  mengkombinasikan  teks,  grafik,  animasi,  audio  dan  gambar  video
(Robin & Linda, 2001).
o  Penempatan  dalam  Konteks  (Hofsette,  2001):  Pemanfaatan  komputer  untuk  membuat  dan
menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video & animasi) dengan menggabungkan
link  dan  tool  yang  memungkinkan  pengguna  melakukan  navigasi,  berinteraksi,  berkreasi  dan
berkomunikasi.

Ada empat komponen penting dari definisi di atas, yaitu sebagai berikut:
1.  Harus  ada  komputer  yang mengkoordinasikan  apa  yang  dilihat  dan  didengar,  yang  berinteraksi
dengan kita.
2.  Harus ada link yang menghubungkan kita dengan informasi.
3.  Harus ada alat navigasi yang memandu kita, menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung.
4.  Multimedia  menyediakan  tenpat  kepada  kita  untuk  mengumpulkan,  memproses,  dan
mengkomunikasikan informasi dan ide sendiri. (M. Suyanto, 2003)

Multimedia dan Ilmu Komputer
Grafik, Visualisasi, Komputer vision, Kompresi data, teori graph, Jaringan dan sistem database.
Komponen-komponen dari Multimedia
Multimedia melibatkan bermacam-macam dukungan berupa teks, suara, gambar, animasi dan video.
Contoh penggunaan dukungan ini antara lain adalah:

o  Video Teleconferencing
o  Distribusi pengajar untuk pendidikan besar
o  Lingkungan pekerja yang co-operatif
o  Pencarian dalam database video dan gambar untuk target objek visual
o  Penempatan objek realitas grafik komputer dan video ke dalam scenes
o  Memasukan suara ke lokasi partisipan video-conference
o  Mengembangkan  fitur pencarian ke dalam video dan memungkinkan penggunan bitrate  tertinggi
hingga terendan, pe-skalaan produk-produk multimedia
o  Pembuatan komponen multimedia yang dapat di-edit
o  Mengembangkan aplikasi yang dapat membuat kembali proses dimana video tersebut dibuat
o  Menggunakan voice-recognition untuk membangun lingkungan interaktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar