Pemahaman Multimedia
Perbedaan cara pandang beberapa pengguna mengenai pengertian Multimedia
o Vendor PC: Suatu PC yang memiliki kapabilitas suara, DVD-ROM dan memiliki microprocessor
multimedia superior.
o Pelanggan: TV Kabel interaktif dengan menyedikan ratusan saluran digital atau pelayanan TV
Kabel melalui koneksi Internet kecepatan tinggi.
o Ilmuwan Komputer (Pelajar): Aplikasi yang menggunakan bermacam-macam dukungan seperti
teks, gambar, grafik, animasi, video, suara termasuk speech dan interaktif.
Definisi lain mengenai Multimedia
o Industri Elektronika: Kombinasi komputer dan Video (Rosch, 1996) atau merupakan kombinasi
tiga elemen yaitu suara, gambar dan teks (McCormick, 1996) atau kombinasi dari paling sedikit
dua media input atau output dari data, media ini dapat berupa audio, animasi, video, teks, grafik
dan gambar (Turban dkk, 2002) atau merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang
dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video
(Robin & Linda, 2001).
o Penempatan dalam Konteks (Hofsette, 2001): Pemanfaatan komputer untuk membuat dan
menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video & animasi) dengan menggabungkan
link dan tool yang memungkinkan pengguna melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan
berkomunikasi.
Ada empat komponen penting dari definisi di atas, yaitu sebagai berikut:
1. Harus ada komputer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar, yang berinteraksi
dengan kita.
2. Harus ada link yang menghubungkan kita dengan informasi.
3. Harus ada alat navigasi yang memandu kita, menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung.
4. Multimedia menyediakan tenpat kepada kita untuk mengumpulkan, memproses, dan
mengkomunikasikan informasi dan ide sendiri. (M. Suyanto, 2003)
Multimedia dan Ilmu Komputer
Grafik, Visualisasi, Komputer vision, Kompresi data, teori graph, Jaringan dan sistem database.
Komponen-komponen dari Multimedia
Multimedia melibatkan bermacam-macam dukungan berupa teks, suara, gambar, animasi dan video.
Contoh penggunaan dukungan ini antara lain adalah:
o Video Teleconferencing
o Distribusi pengajar untuk pendidikan besar
o Lingkungan pekerja yang co-operatif
o Pencarian dalam database video dan gambar untuk target objek visual
o Penempatan objek realitas grafik komputer dan video ke dalam scenes
o Memasukan suara ke lokasi partisipan video-conference
o Mengembangkan fitur pencarian ke dalam video dan memungkinkan penggunan bitrate tertinggi
hingga terendan, pe-skalaan produk-produk multimedia
o Pembuatan komponen multimedia yang dapat di-edit
o Mengembangkan aplikasi yang dapat membuat kembali proses dimana video tersebut dibuat
o Menggunakan voice-recognition untuk membangun lingkungan interaktif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar